Selasa, 10 November 2020

SAGUSABLOG ( Satu Guru Satu Blog )



Workshop Online Satu Guru Satu Blog ( SAGUSABLOG ) yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) menghasilkan sebuah karya guru dalam bentuk blog. Workshop online yang diselenggarakan oleh IGI secara online penuh,serta didukung oleh aplikasi Telegram sebagai media komunikasi workshop antara peserta dengan mentor. Pendampingnyapun membimbing dengan maksimal.

Mengikuti kegiatan Sagusablog ini sangatlah besar manfaatnya terutama bagi saya sendiri sebagai seorang guru harus kreatif dan penuh inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Pembuatan blog ini tentunya akan menambah wawasan dari bidang teknologi informasi dan komunikasi, mempermudah guru dalam memberikan tugas-tugas kepada siswa. Inilah salah satu manfaat menjadi anggota IGI yaitu banyak sekali ilmu yang kita dapatkan, sekaligus menambah wawasan dan teman-teman guru di seluruh Nusantara.

Selain digunakan untuk berbagi pengalaman, banyak yang memanfaatkan blog untuk ladang penghasilan tambahan, sarana berjualan online, dan lain sebagainya. Terdapat puluhan platform untuk membuat blog. Maka dari itu, terlebih dahulu kita harus memutuskan platform mana yang ingin kita gunakan, entah itu wordpress, blogger, tumblr, jimdo, webs, squidoo, atau lain sebagainya. Namun dalam kegiatan Workshop Online “Sagusablog” kita dapat belajar membuat blog menggunakan flatform blogger. Blogger merupakan platform yang paling populer, mudah, dan cocok sekali bagi pemula.

Berikut ini merupakan materi kelas Sagusablog, diantaranya:

1. Membuat blog guru dengan engine blogger.

2. Mendesain template blog guru dengan template bawaan blogger

3. Mengganti template blog guru dengan template

4. Mendesain header blog guru

5. Mengelola Blog guru

6. Posting laman, artikel, teks, gambar dan video

7. Membuat soal online di google drive

8. SEO (Search Engine Optimization)

9. Monetize Blog

10. Custom Domain (Tingkat Lanjut)

Demikian artikel tentang Workshop Online Sagusablog ( Satu Guru Satu Blog ). Semoga dapar bermanfaat bagi dunia Pendidikan di Indonesia khususnya pada masa pandemi covid 19 yang kita rasakan saat ini. guru- guru dapat  melakasanakan proses belajar mengajar baik secara daring ( online ) maupun luring ( tatap muka ).





Tidak ada komentar:

Posting Komentar